Gerhana Matahari Cincin Terjadi Pekan ini. inilah wilayah wilayah yang bisa Melihatnya Dan tradisi masyarakat Sembalun

Gerhana matahari cincin atau akrab disebut “Gerah” (daerah sembalun), Gerhana matahari atau Gerhana bulan merupan penomena alam yang sudah lumrah kita dengar bahkan saksikan,Namun beberapa tahun terakhir ini gerhana lebih sering terjadi, di banding dengan tahun-tahun sebelumnya.
Badan klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis bahwa pada bulan Juni 2020 ini akan terjadi Gerhana matahari cincin tepatnya pukul ±13.00 WIB /14.00 WITA tanggal 21 Juni 2020 mendatang.
  Proses terjadinya gerhana matahari cincin disebabkan karena matahari,bulan,dan bumi sejajar sehingga piringan matahari akan di tutupi oleh bulatan bulan, maka pada puncak gerhana bulan tepat berada pada tengah-tengah matahari dan pinggir matahari tidak tertutupi sehingga membentuk formasi seperti cincin.
  Konon,masyarakat Sembalun jika terjadi gerhana entah itu bulan atau matahari, masyarakat semablun secara serentak memukul Kentungan atau “KUL-KUL” (bahasa daerah sembalun). hal itu di lakukan sebagai tradisi turun temurun.
  seiring berkembangnya zaman tradisi pukul Kentungan/kul-kul ketika gerhana tersebut sedikit demi aedikit terkikis, Hingga sekarang jika terjadi gerhana masyarakat bukan pukul Kentungan lagi,melainkan shalat Sunnah gerhana (Husupissamsi atau khusufil qomari).
  Hal itu dikarenakan, sudah mulai mengentalnya ajaran agama Islam di kalangan masyarakat Sembalun dengan keyakinan yang ditanamkan adalah: gerhana terjadi bukan semata-mata fenomena alam saja melainkan teguran dari sang pencipta untuk segera memperbanyak istighfar kepada Allah SWT
Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 21 Juni 2020 ini adalah Kongo, Sudan Selatan, Ethiopia, Yaman, Oman, Pakistan, India, Cina, dan Samudera Pasifik. GMC 21 Juni 2020 ini juga dapat diamati di sedikit Afrika bagian Utara dan Timur, Asia (termasuk Indonesia), Samudra India, sebagian negara Eropa, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Komentar Dengan Facebook

__Posted on
June 19, 2020
__Categories
Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *