Mengenal Strawberry Sembalun lebih Dekat

Mengenal stroberi sembalun lebih dekat.

Stroberi merupakan buah paporit bagi banyak orang, kita melihat dan menjumpai dalam berbagai jenis minuman maupun makanan, hampir rasa stroberi selalu ada.

Sembalun merupakan salah satu kecamatan di Lombok Timur yang terletak persis di bawah kaki gunung Rinjani. Ini menyebabkan tanah sembalun memiliki tingkat kesuburan yang tinggi karena merupakan tanah vulkanik.
Kesuburan tanah yang tinggi, membuat sembalun menjadi wilayah pertanian yang bisa di tanami berbagai macam sayuran seperti kol, sawi, brokoli, bawang putih,bawang merah, dan masih banyak sekali jenis sayuran yang lain.
Selain sayuran-sayuran tadi, sembalun juga daerah pertanian penghasil buah, ada beberapa buah yang dapat kita jumpai di sembalun diantaranya jambu, jeruk, mangga, apel, stroberi, blueberry, dan masih banyak yang lainnya.
Di antara banyak jenis buah yang dapat kita jumpai di sembalun, apel dan stroberi merupakan buah paporit yang selalu menjadi tujuan utama bagi para pengunjung. Karena buah ini selain memiliki rasa yang lezat juga merupakan buah yang bisa dikatakan langka karena sangat sedikit wilayah yang bisa ditanami kedua buah ini dengan subur. Stroberi misalnya, pohon stroberi bisa saja tumbuh di berbagai daerah di Lombok, akan tetapi terkadang tidak bisa berbuah bahkan banyak bibit yang di pindah dari sembalun ke daerah lain di Lombok yang mati setelah penanaman.
Stroberi sembalun biasanya musim kisaran bulan Juni sampai dengan bulan September karena di bulan ini biasanya musim kemarau, kalaupun sudah mulai hujan akan tetapi curahnya tidak terlalu besar. Stroberi sembalun banyak kita jumpai di bulan tersebut, biasanya di jual langsung oleh petani di pinggir jalan ada juga yang di sediakan langsung di kebunnya untuk di petik langsung oleh pengunjung.

“Stroberi petik sendiri ” Tulisan ini banyak kita jumpai di sembalun yang menunjukkan bahwa kebun stroberi milik petani sembalun bisa dimasuki oleh para wisatawan untuk memetik langsung stroberi dari pohonnya. Wisata stroberi petik sendiri ini menawarkan sensasi yang berbeda ketika bisa langsung memetik dan memakan stroberi langsung di tengah kebun.

Tak hanya lezat, stroberi kaya akan antioksidan dan polyphenic sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Stroberi dikemas dengan vitamin dan mineral seperti vitamin C dan K, folat, potasium, mangan, dan magnesium.
Menurut Database National Nutrient USDA, secangkir stroberi mengandung 49 kalori, menyediakan 3 gram serat, dan 12 gram karbohidrat.

Berikut 17 manfaat stroberi bagi kesehatan

  1. Meningkatkan fungsi jantung
  2. Mencegah pembekuan Darah
  3. Mencegah kangker
  4. Meningkatkan fungsi otak
  5. Perawatan kulit
  6. Mencegah panuan
  7. perawatan mata
  8. Menurunkan resiko diabetes
  9. Menurunkan tekanan darah tinggi
  10. Meningkatkan kekebalan tubuh
  11. Menurunkan berat badan
  12. Mencegah cacat lahir
  13. Mengurangi peradangan
  14. Mengatasi sembelit
  15. Menjaga kesehatan tulang
  16. Menjaga kesehatan rambut
  17. Memutihkan gigi

Sembalun juga kaya dengan obat-obatan herbal yang di tanam oleh para petani seperti ASHITABA, Black garlic, dan daun mint.

Komentar Dengan Facebook

__Posted on
June 20, 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *