Sembalun Memulai Masa Panen Padi merah (beaq ganggas )

mayoritas pekerjaan masyarakat NTB adalah bertani, dan salah satu daerah yang pertanian di Kabupaten Lombok timur adalah Sembalun.
Sembalun sudah tidak asing lagi kedengarannya di telinga parawisatawan karena pemandangannya yang memanjakan mata, disamping itu juga karena hasil pertaniannya yang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh daerah pertanian lainnya di NTB.
hasil pertanian di Sembalun sangat beragam namun yang sering jadi incaran parawisatawan adalah strobery dan beras merah.
Tepat pada bulan juni petani sembalun panen padi merah akan tetapi sekrang quantitas beras merah sembalun tidak sama dengan dulu, sekarang petani sembalun lebih memilih tanaman tanaman yang berupa sayur sayur dan bahan bahan lainya karena harga dan lamanya panen dan hasilnya juga belum mempuni

” alasan kami (petani) sembalun jarang yang menanam beras merah adalah kurang hasil produksi dari tahun ketahun” ungkap salah satu petani sembalun.
Padahal beras merah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah, sebagai bahan konsumsi bagi balita,orang penyandang penyakit diabet,para pemburu diet dan lain sebagainya.hal itu karena kandungan kolestrol pada beras merah lebih kecil dari beras putih

Pada merah sembalun memiliki cita rasa yang cukup unik dan tidak dapat di temukan di tempat lain padi merah sembalun memiliki ukuran 1 meter dan 1.5 meter.

cara panen beras merah atau biasa disebut dengan istilah “Matak” cara pemanenan ini sangat tradisional dan turun temurun dari nenek moyang orang sembalun dengan nama alat yaitu rengkapan

Komentar Dengan Facebook

__Posted on
June 17, 2020
__Categories
Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *